Kendaraan Tempur Andalan Kopassus

Pergerakan pasukan dengan berjalan kaki memang memerlukan kondisi fisik dan waktu yang lama. Sehingga membuat pasukan letih sebelum menjalankan misinya. Kepemilikan kendaraan tempur untuk menunjang misi tersebut tidak hanya di butuhkan oleh pasukan reduler saja, tapi sekelas pasukan elit seperti Kopassus juga membutuhkan, apalagi untuk misi-misi khusus yang membutuhkan kecepatan dan kesenyapan. Untuk itu Kopassus mempercayakan kepada kendaraan yang bisa menunjang misi-misi khusus tersebut. Berikut kendaraan-kendaraan tempur tersebut 1. Komodo Komodo merupakan kendaraan perang versi ringan berpenggerak roda depan belakang atau 4x4 buatan BUMN PT. Pindad yang sudah di akui dunia. Mengadopsi desain dan konsep dari Humvee atau Sherpa kendaraan ini dibandrol dengan harga 2 – 3 milyar. Untuk tipe Battering Ram pesanan Kopassus difungsikan untuk kendaraan operasi khusus dan mampu menerobos dinding setebal 30 cm.
2. Casspir MK3 Ranpur buatan Afrika Selatan yang dirancang oleh Council for Scientific and Industrial Research (CSIR). Bodi cenderung bersudut tegak dan lambung berbentuk huruf V sehingga berbentuk sangar dan unik. Bagian samping Casspir dirancang mampu menahan ledakan bom setara 14 Kg TNT dan bagian bawah mampu menahan bom seberat 21 Kg dan mampu menahan tembakan peluru dari senjata sekelas M-16 maupun Ak-47. Dilengkapi senjata andalannya yakni senapan mesin berkaliber 7,62 mm, tetapi dapat dipasangkan senapan mesin berat berkaliber 12,7 mm atau 20 mm dan para personel yang berada di kabin belakang dapat memberikan tembakan bantuan dengan cara membuka atap/kubah di atas kompartemen.
3. Bushmaster MPV Keterlibatan militer Australia dalam perang Irak dan perang Afghanistan membawa keuntungan tersendiri bagi rantis Bushmaster buatan Thales Australia ini, karena lewat peranglah produk yang diciptakan bisa mendapatkan momen promo secara efektif. Maraknya ranjau dan IED, mendorong munculnya MRAP(Mine Resistant Ambush Protected). Apabila Bushmaster MPV melindas ranjau, maka Bushmaster sudah sangat siap menahan ledakan. Saat ledakan terjadi di kolong kendaraan, umumnya yang menjadi korban adalah ban atau roda kendaraan yang terlepas akibat daya dorong energi ledakan. Untuk itu, Bushmaster dilengkapi ban cadangan yang dipasang di sisi kanan kendaraan bagian belakang. Efek lain yang tak terhindarkan adalah shock pada awak kendaraan, akibat kejutan yang tinggi. Dirancang untuk melaksanakan misi tempur dan patroli jarak jauh, hal ini didukung oleh tangki bahan bakar yang dapat menampung untuk jarak 1000 km. Kendaraan yang berbobot 10 ton ini dbekali mesin diesel 6 silinder berdaya 330 hp pada torsi 2.400 rpm ini mampu melaju dengan kecapatan maksimal 120 km/jam.
4. Land Rover Defender Kendaraan 4x4 buatan ini menjadi kendaraan andalan Kopassus ini mampu melintasi jalan off road berlumpur berpasir hingga berbatu. Mempunyai rangka aluminium yang sangat kuat bahkan masih bisa berjalan meskipun tertimpa helikopter. Dibekali mesin 2.200cc bertenaga 122 Ps pada 3.500 rpm dan torsi 360 Nm pada 2.000 rpm. Kapasitas tangki bahan bakar mencapai 60 liter dan 75 liter. Mobil yang berharga 800 jutaan ini mampu mencapai kecepatan maksimal pada 145 km/jam.
5. Flyer 4x4 Kopassus berbeda dari yang biasa satuan pasukan melakukan misinya. Kopassus merupakan pasukan serangan personil kecil tapi mematikan. Untuk mendukung semua itu Kopassus memerlukan rantis kecil tetapi memilki mobilitas yang tinggi. Meskipun Flyer 4x4 cenderung terbuka, tapi pasukan ini membutuhkan kecepatan dalam melakukan misi.

0 Response to "Kendaraan Tempur Andalan Kopassus"

Post a Comment